PERENCANAAN USAHA
•
Memiliki
gagasan brilian saja tidaklah cukup bagi seorang wirausahawan untuk menjalankan
suatu usaha yg sukses.
•
Gagasan
tsb perlu ditunjang dgn persiapan yg matang agar keberhasilan yg memuaskan dpt
tercapai
•
Banyak
pertanyaan yg harus dijawab sebelum memulai suatu usaha, seperti: apa tujuan
kita, apa yg perlu dipersiapkan, dan bgmn cara menjalankannya dll.
Ide Usaha
•
Ide
usaha adalah segala konsep dalam benak, pikiran atau pengetahuan, sebuah
mental, pendapat, pandangan, keyakinan atau rencana dari kegiatan-kegiatan
usaha yg bertujuan untuk mencari laba.
•
Pada
dasarnya ide adalah jiwa dari sebuah perencanaan.
Alasan Seseorang Memulai
Usahanya Sendiri
•
Secara
umum ada dua alasan mengapa seseorang memulai untuk mendirikan suatu usaha
sendiri yaitu, tujuan pribadi dan tujuan usaha.
•
Tujuan
pribadi dapat berupa keinginan untuk bebas dan mandiri, menambah pendapatan,
alasan keluarga dll.
•
Tujuan
usaha dapat berupa pelayanan, mencari keuntungan (laba), alasan sosial, pertumbuhan
perusahaan dll.
Berbagai Metode
Pengembangan Ide
•
Alasan
seseorang untuk memulai usaha sendiri harus ditunjang oleh ide usaha yg bagus
agar usahanya bisa terwujud.
•
Seringkali
seseorang memiliki keinginan untuk usaha sendiri, tapi tidak tahu harus
melakukan apa karena ia tidak memiliki ide untuk berusaha apa.
•
Banyak
hal yg dapat digunakan sebagai sumber ide, seperti buku impian yg kita miliki,
sebuah perusahaan yg maju, saluran distribusi, pelanggan, badan riset dan
pengembangan, serta kelompok pergaulan dapat juga memberikan inspirasi atau ide
kepada kita.
•
Banyak
hal disekitar kita yg dapat dijadikan sumber ide, kunci utama agar kita dapat
menangkap ide-ide itu adalah kejelian dan kepekaan.
•
Setelah
ide tertangkap oleh kita, langkah selanjutnya adalah pengembangan ide tersebut
agar kita dapat membuat perencanaan yg baik dan rasional.
•
Ada
beberapa metode yg dapat digunakan untuk pengemba-ngan ide antara lain:
•
Focus
Group, sebuah grup atau
kelompok diskusi yg terfasilitasi untuk membicarakan suatu ide atau gagasan yg
terfokus.
•
Brainstorming, sebuah kelompok yg tidak terstruktur,
bebas, dan gabungan dari berbagai pihak yg berusaha utk bertukar pikiran.
•
Problem
Inventory Analysis, ide
dikembangkan dgn cara menganalisis permasalahan-permasalahan yg timbul. Dari
permasalahan yg ada diharapkan ide semakin dapat berkembang dan menjadi lebih
baik.
•
Creative
Problem Solving,
mengembangkan sebuah ide melalui teknik-teknik sesuai keinginan kita secara
kreatif.
Pentingnya Perencanaan
Usaha
•
Perencanaan
usaha sangat dibutuhkan dalam upaya menjawab dan menguji kesiapan seorang
entrepreneur sebelum usaha dijalankan
•
Perencanaan
usaha menjadi alat pembantu dalam memikirkan produk dan jasa yg akan
ditawarkan, memahami tingkat persaingan usaha, mengetahui besarnya pembiayaan
usaha, dan menggambarkan mekanisme keorganisasian usaha.
•
Dunia
usaha tidak dapat lepas dari lingkungan usaha yg saat ini penuh dengan
persaingan dan perubahan. Semakin baik
perencanaan usaha, semakin mampu kita bersaing dan beradaptasi
•
Beberapa
alasan pentingnya perencanaan usaha:
•
Untuk
memperoleh kredit
•
Untuk
memperoleh dana investasi
•
Untuk
menyusun sekutu strategi
•
Untuk
memperoleh kontrak besar
•
Untuk
menarik karyawan kunci
•
Untuk
memotivasi dan menfokuskan tim manajemen kita
Jangka Waktu Perencanaan
Usaha
- • Perencanaan jangka panjang, rencana ini akan menjangkau waktu sekitar 10-20 th ke depan. Perencanaannya masih berbentuk garis-garis yg sangat stratrgis dan umum. Perencanaan ini tidak dapat dipakai sebagai pedoman kerja sehingga perlu dijabarkan dalam bentuk perencanaan jangka menengah.
- • Perencanaan jangka menengah, biasanya menjangkau waktu 3-5 th ke depan. Perencanaan jangka panjang akan dipecah menjadi beberapa kali pelaksanaan jangka menengah, sehingga setiap tahap hendaknya disesuaikan dengan skala prioritas. Sifat perencanaan ini lebih kongrit dgn sasaran yg lebih jelas.
- • Perencanaan jangka pendek, jangkauan waktunya paling lama satu tahun, bahkan bulanan atau tengah tahunan. Perencanaan ini lebih kongrit dan labih rinci lagi, lebih terukur dan lebih jelas sasarannya, termasuk dalam hal penggunaan sumber dana, metode pelaksanaan serta waktu memulai dan selesainya tiap kegiatan yg masuk dalam rencana tsb.
Kerangka Penulisan
Perencanaan Usaha
- • Gambaran usaha (description of the business)
- • Manajemen (management plan)
- • Pemasaran (marketing plan)
- • Keuangan (financial management plan)
1. Gambaran Usaha
1.1. Deskripsi umum tentang
Industri
Industri adalah kumpulan perusahaan sejenis.
Informasi umum tentang
industri yang diperlukan yaitu:
- • Besarnya industri, seperti berapa besar penjualan tahun lalu, berapa banyak pesaing dalam unit industri ini, bagaimana peluang keuntungan yang mungkin diperoleh?.
- • Trend industri, apakan kondisi industri ini sedang tumbuh pesat, stabil atau menurun
- • Proyeksi industri dimasa depan, gambaran proyeksi masa depan dalam penjualan, keuntungan dan jumlah pesaing, apakah akan cendrung meningkat, stabil atau menurun. Produk dan metode produksi baru apa yang diharapkan dimasa depan?. Apakah industri ini akan semakin kompetitif dari industri lainnya.
1.2. Deskripsi Umum Perusahaan
Pentingnya Visi Bagi
Perusahaan
- • Meskipun suatu perusahaan berskala kecil, akan tetapi visi perusahaan yang merupakan cita-cita hari depan perusahaan yang atraktif, realistis serta meyakinkan perlu dicanangkan untuk dihayati oleh segenap karyawannya
- • Visi dibuat tanpa mengeluarkan biaya, akan tetapi sebuah visi yang tepat dapat memberikan dampak positif antara lain:
• Menumbuhkan rasa bangga bagi karyawan
• Meningkatkan komitmen dan dorongan u/
mencapai kinerja maksimal
• Memberikan arti kehidupan bagi karyawan
• Menjembatani masa kini dan masa depan
Visi yang baik harus memenuhi
beberapa syarat, antara lain:
•
Mencerminkan
cita-cita
•
Memiliki
kejelasan arah dan tujuan
•
Memiliki
standar yang tinggi
•
Mencerminkan
kompetensi atau kekhususan perusahaan
Beberapa contoh visi
perusahaan:
•
“Menjadi
sebuah jasa layanan kurir terbaik, terpercaya dan tepat waktu di Indonesia”
(Jasa Kurir)
•
“Kami
selalu terdepan dalam menunjang program swasembada pangan” (distributor Pupuk)
Gambaran Umum Perusahaan
•
Harus
dapat menjawab pertanyaan:
•
“Usaha
apa yang saya laksanakan, siapa pengelola, kapan dilaksanakan, dimana
dilaksanakan, dan bagaimana usaha dijalankan”.
•
Lebih
jauh harus memberikan gambaran
•
“Apa yang menjadikan usaha saya unik
dibandingkan pesaing lain”
Umumnya gambaran usaha
terdiri atas :
- • Nama perusahaan
- • Tipe perusahaan (PT, CV, Firma atau koperasi). Apakah merupakan usaha baru, pengambil-alihan, pengembangan atau waralaba (Franchise).
- • Tanggal berdirinya perusahaan. Legalitas : bentuk usaha serta ijin-ijin yang dimiliki
- • Tanggal mulai beroperasi
- • Nama pemilik, patner atau pemegang sahan utama. Bagaimana latar belakang pemilik dan pengelola.
- • Gambaran umum usaha dan bidang usaha yang dikembangkan (perdangan, perindustian atau jasa). Bagaimana prospek dan kemungkinan pengembangannya
- • Produk / jasa yang ditawarkan
- • Lokasi usaha, dan mengapa lokasi tersebut dipilih. Lokasi usaha sangat menentukan keberhasilan usaha. Dalam penentuan lokasi usaha harus diperhatikan, Kemudahan dalam mencapai konsumen, Kondisi lingkungan bisnis, Tersedianya biaya dan tempat.
1.3. Deskripsi Produk dan Jasa
Jenis Produk / Jasa
•
Jelaskanlah
secara spesifik tentang apa yang hendak dijual, sehingga pihak lain memahami
keunikan sifat produk/jasa yang ditawarkan dibandingkan dengan perusahaan lain.
Deskripsikanlah produk yang akan Anda jual sehingga pembaca akan membayangkan
produk apa yang akan Anda jual.
•
Jelaskanlah
keunggulan produk/jasa yang ditawarkan berdasarkan masukan-masukan dari
pelanggan/calon pelanggan.
•
Pemilik
usaha yang berhasil, mengetahui atau paling tidak memiliki ide mengenai apa
yang diinginkan pelanggan atau apa yang diharapkan oleh mereka.
•
Antisipasi
ini sangat berguna untuk membangun “kepuasan pelanggan dan loyalitas” dari mereka.
•
Identifikasilah
jenis-jenis produk/jasa yang mungkin menjadi pesaing.
•
Bisa
jadi itu merupakan produk/jasa yang persis sama, atau produk/jasa yang menjadi
barang substitusi produk/jasa dari usaha Anda.
Bahan Baku dan Sumber
Perolehan
•
Tentukanlah
bahan baku apa saja yang Anda butuhkan dan darimana Anda bisa memperolehnya.
•
Buatlah
tabel untuk mendaftar macam-macam bahan yang dibutuhkan.
•
Untuk
setiap bahan tersebut ungkapkan pula berapa banyak pemasok yang mungkin menjadi
sumber perolehan bahan.
•
Apakah
Anda memilih pemasok tersebut dikarenakan masalah harganya, pelayanannya,
pemberian kredit atau pengiriman.
Metode Produksi dan
Peralatan
•
Jelaskanlah
tentang proses dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat produk Anda.
•
Jika
usaha utama Anda adalah jasa pemasaran, atau jasa administrasi, Anda boleh
mengabaikan metode produksi dan peralatan.
•
Anda
harus menjelaskan tahap demi tahap dari proses yang dibutuhkan. Untuk setiap
tahap jelaskan pula hasilnya, seperti: siapa yang mengerjakan, peralatan apa
yang dibutuhkan.
Sumber Pembiayaan
•
Anda
perlu menentukan sejak awal dari sumber mana saja dana tersebut dapat
diperoleh. Umumnya dana berasal dari : modal kas pemilik usaha, barang-barang
milik sendiri, dan pinjaman yang dilakukan perusahaan.
Rencana Manajemen
•
Menjalankan
usaha memerlukan lebih dari sekedar kehendak untuk menjadi pimpinan.
•
Menjalankan
usaha memerlukan dedikasi, ketekunan, mampu mengambil keputusan cepat &
rasional dalam segala kondisi, memiliki sifat-sifat kepemimpinan (leadership)
serta menguasai prinsip-prinsip keuangan.
•
Rencana
manajemen, bersama rencana pemasaran dan rencana keuangan merupakan dan menjadi
kunci keberhasilan usaha.
•
Anda
perlu mengidentifikasi personil kunci seperti pemilik perusahaan dan para
manajer.
•
Demikian
pula jika Anda memiliki orang luar (non management person) yang
mempunyai peranan penting dalam usaha Anda.
•
Staf dan
karyawan memainkan peranan yang sangat penting di dalam kehidupan suatu usaha.
•
Mereka
harus dapat mengisi dan mendukung tujuan uasaha dengan motivasi yang tinggi.
•
Mereka
merupakan team yang harus saling bekerja sama menciptakan sinergi yang handal.
•
Jelaskan
perencanaan staf karyawan yang Anda perlukan dalam mengoperasikan usaha Anda.
•
Untuk
setiap karyawan jelaskan kualifikasi umum yang dibutuhkan, juga kemungkinan
masalah yang dijumpai untuk mencari karyawan yang sesuai.
•
Sertakan
pula besarnya gaji untuk setiap pekerjaan.
Secara umum, rencana manajemen
yang dibuat harus dapat memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan sebagai
berikut :
•
Bagaimana
pengalaman dan kemampuan (skill) yang dimiliki dapat membantu usaha yang sedang
dilaksanakan
•
Apa
kualifikasi bagi masing-masing personil kunci
•
Apa
kelemahan saudara dan bagaimana anda mengantisipasinya
•
Siapa
yang akan duduk dalam tim manajemen
•
Apa
kekuatan dan kelemahan mereka
•
Bagaimana
rincian tugas jabatan mereka, apakah tugas-tugas tersebut telah jelas
ditetapkan
•
Bagaimana
rencana untuk merekrut karyawan dan melatih karyawan
•
Bagaimana
standar gaji, bonus, dan lain-lain peraturan karyawan ditetapkan
Jasa Profesional Pendukung
•
Identifikasikan
macam-macam jasa professional yang mungkin akan Anda gunakan seperti akuntan
professional, biro iklan, konsultan usaha, nitaris, dokter dan psikolog.
•
Jelaskan
siapa yang akan melayani, jenis pelayanan apa yang mereka sediakan dan
alasan-alasan apa sehingga mereka itu Anda pilih.
Rencana Pemasaran
•
Pemasaran
memainkan peranan yang sangat penting bagi kesuksesan suatu usaha.
•
Kunci
utama bagi keberhasilan marketing adalah “memahami kebutuhan/keinginan
pelanggan”.
•
Dengan
memahami hal ini dapat ditentukan strategi pemasaran yang memungkinkan
terpenuhinya kepuasan pelanggan.
•
Oleh
karenanya rencana pemesaran harus dimasukkan kedalam perencanaan usaha dan
harus memberi jawaban atas pertanyaan sebagai berikut :
• Siapa pelanggan yang dituju, karakteristik
pelanggan (tingkat pendapatan, jenis kelamin, suku, usia, tingkat pendidikan,
dll), apa saja yang pelanggan harapkan terhadap produk Anda? Faktor apa yang
menentukan jumlah produk yang mereka beli? Faktor apa yang menentukan waktu dan
frekuensi pembelian? Bagaimana strategi untuk menarik pelanggan dan
mempertahankan pelanggan
• Tentukan Lokasi, Besar, Target dan Trend
pasar. Dalam batas geografi apa lokasi pasar Anda? Berapa besar pasar ini
dijelaskan dalam jumlah unit yang terjual dan dalam jumlah rupiah. Bagaimana
proyeksi trend pasar? Pasar bagaimana yang dihadapi, sedang berkembang, statis
atau menurun? Apakah pangsa pasar usaha sedang meningkat, statis atau menurun?
Apakah pangsa pasar dapat ditingkatkan? Bagaimana strategi meningkatkan pangsa
pasar (market share).
No comments:
Post a Comment